Senin, 24 Desember 2007

PENGANTAR PBO (PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK)


A. MEMULAI PROGRAM JAVA

I. Mengetikan Program Menggunakan Netbean
Dalam mengetikkan program Java perlu diperhatikan huruf besar dan kecil. Oleh karena
Java dibuat memakai perangkat lunak C++, maka program Java juga membedakan huruf
besar dan kecil (Case Sensitive).

Listing Program HelloWord.java

public class Main

{
public static void main (String args[])
{
System.out.println("Hello word, program pertama ku");
}
}

II. Menjalankan Program Java
Untuk melihat hasil program dapat dilakukan beberapa cara :
- Klik menu Run Kemudian pilih Run Main Project
- Atau tekan tombol F6 pada Keyboard

B. KONSEP OOP
I. Pendahuluan
Perangkat lunak pemograman Java merupkan bahasa pemograman yang
berosientasi objek karena seperi bahasa pengembagannya, C++, Java juga termasuk
bahasa pemrograman PBO atau OOP (Object Oriented Programming) murni. Sebagai
bukti, Java OOP murni terdapat beberapa perintah seperti polymorphisme, inheritance,
encapsulation dan lain-lain.

II. Karakteriktik PBO
Dari karakteriktik PBO ini, dapat menggolonglan program atau perangkat lunak
tergolong bahasa pemrograman berorientasi objak atau tidak. Karakteristik PBO antara
lain :

a. Encapsulation (Pembungkusan)
Encaplulaption adalah pemrograman lebih memperhatikan aspek internal dari pada aspek
ekternal atau sama pengertiannya di dalam program sudah terbungkus antara data dan
prilaku.

b. Polymorphime
Polymorphisme adalah method dengan nama yang sama tatapi di gunakan oleh objek
yang bebeda dalam kelas yang sama.

c. Inheritance (Turunan)
Inheritance adalah turunan dari base class ke derived class (kelas pengikut). Setiap
derived class dapat memakai data atau method dari kelas induknya.

III Beberapa Pengertian Penting PBO
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang PBO ada beberapa pengertian PBO yang
harus kita ketahui, sehingga jika dalam pembahsan PBO terdapat pengertian atau istilah
tertentu kita mengetahui, beberapa pengertian antara lain :

a. OOP (Object Oriented Programming)
OO adalah cara berpikir, pandangan atau paradigma baru untuk membuat program atau
merancang system dengan memperhatikan objek, cirri objek perilakunya. OOP ini sangat
berbeda dengan membuat program procedural yang memperhatikan aspek input proses
dan output.

b. Objek (Object)
Object adalah suatu bentuk baik yang nyata atau tidak nyata, seperti menusia, hewan,
tumbuhan, benda, konsep, aliran. Objek juga merupakan instasiasi (instance) atau turunan
langsung dari kelas.

c. Kelas (class)
Kelas adalah kumpulan objek-objek yang memiliki kemiripan Prilaku (method), cirri atau
karakteristik (property)

d. Metode (Method)
Metode adalah perilaku (behavior) dari objek atau kelas tertentu.

e. Konstraktor (Constructor)
Konstraktor adalah fungsi yang dideklarikan (diperkanalkan atau didefenisikan di dalam
kelas, konstrakor harus mempunyai nama sama dengan nama fungsinya.

f. Karakteristik (Propeties)
Properti adalah cirri yang dimiliki oleh suatu objek, property ini juga sebagai pembeda
objek satu dengan objek yang lainnya dalam kelas yang sama.

g. Peubah (Variable)
Variable adalah tempat menampung data sementara, dalam pemrograman objek biasanya
disebut Data, sedangkan dalam pemrograman procedural sering di sebut dengan variable.

h. Data
Data adalah istilah lain dari variable pada OOP (Programmer Berorientasi Objek). Dalam
pemrograman Java biasa juga disebut field, data member atau inatance variable. Data
member dideklarasikan pada kelas.

Tidak ada komentar: